Pengertian Pengemis Dan Gelandangan

Pengertian Pengemis Dan Gelandangan

Apasih yang dimaksud dengan pengemis?
   
Contoh gambar pengemis

 Dari gambar di atas kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa Pengemis adalah orang yang memperoleh penghasilan dengan cara meminta-minta di tempat umum dengan cara dan alsan apapun untuk mengharapkan belas kasian dari orang lain. Sedangkan gelandangan adalah orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan mencari penghasilan dengan cara mengemis. Hidupnya selalu berkeliaran dan tidak memiliki kediaman yang tetap.

   Perbedaan antara pengemis dan gelandangan
Pengemis masih memiliki tempat tinggal untuk tidur, makan, dan juga mandi. sedangkan Gelandangan tidak tidak memiliki tempat tinggal. Biasanya gelandangan tinggal di bawah jembatan, di stasiun, rumah kosong, kadang ada juga gelandangan yang tidur di sembarang tempat tergantung di mana dia ingin tinggal. Gelandangan biasanya berpakaian compang-camping,robek dan kotor, ini terjadi karena dia tidak mampu untuk membeli pakaian. Dan untuk bisa makan saja sudah bersyukur banget, bahkan ada juga gelandangan yang tidak pernah ganti pakaian sejak dia jadi gelandangan.

   Mengemis banyak di salah gunakan oleh manusia, mungkin ini terjadi akibat malas untuk bekerja sehingga mereka lebih memilih mengemis karena mereka berpikir cara itu adalah cara yang mudah. Salah satunya sering kita dengar pengemis menjadi orang kaya punya mobil dan punya mobil mewah.

 
Contoh gambar gelandangan

                                               

    Pengemis dapat di jabarkan menjadi dua hal yaitu orang yang menggelandang dan mengemis untuk bertahan hidup, Dan orang yang menggelandang serta mengemis karena malas untuk bekerja. Pada umumnya pengemis tidak memiliki kartu identitas karena takut atau malu  untuk di kembalikan di tempat asalnya.

   Pengemis termasuk manusia yang kurang beruntung akibat pemerintahan tidak menjalankan amanat UUD 1945 dengan bijak, Sehingga banyak pengemis yang menjadi korban kejahatan. Pengemis juga banyak di gunakan  dan di manfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika pemerintah memikirkan dan memperhatikan dengan bijak, mungkin hal yang seperti itu tidak akan terjadi bahkan kemiskinan pun dapat berkurang.

   Adapun prinsip-prinsip penanganan pengemis diantaranya :
  1. Prinsip penerimaan pengemis secara normal.
  2. Prinsip tidak menghakimi pengemis.
  3. Prinsip Individualisme, dimana setiap pengemis tidak disama ratakan, Tetapi harus di pahami secara khusus kehidupan dan maasalah mereka masing-masing.
  4. Prinsip kerahasiaan, setiap informasi yang dipeoleh  dari pengemis harus di rahasiakan.
  5. Prinsip Konunikasi, dimana kualitas intesitas antara pengemis dengan keluarga serta lingkungan sosialnya dapat di tingkatkan sehingga akan berdampak positif terhadap upaya rehabilitas pengemis.
Pesan dari saya jika kita masih kuat untuk bekerja sebaiknya kita bekerja dan jangan sampai mengemis apapun kondisinya. Tetap selalu berusaha dan berdoa kepada allah yang maha kuasa sebab di dalam islam juga tidak di anjurkan seorang manusia untuk mengemis berbeda dengan hal nya mengemis ilmu. Menuntut ilmu termasuk hal yang positif dan di anjurkan oleh setiap manusia, jadi tidak masalah jika kita mengemis ilmu kepada orang lain.  

Demikian pembahasan tentang pengemis dan gelandangan Baca juga Pengertian Orang Miskin

Terima kasih sudah membaca artikel Woongdessa dan semoga dapat menambah wawasan temen-temen :)

Previous
Next Post »