pengertian hijrah

 Pengertian Hijrah

 Apasih yang di maksud dengan hijrah?

PENGERTIAN HIJRAH

   Hijrah adalah suatu proses perubahan seseorang  dari yang tidak baik menjadi baik baik itu laki-laki maupun perempuan. Hijrah mencakup tiga hal yang saling berkaitan yaitu hijrah hati , hijrah perkataan dan hijrah perbuatan. yang dimaksud dengan hijrah hati ialah perubahan batin ataupun niat ynag tulus seseorang untuk bener-bener meninggalkan perbuatan yang buruk dan menjalani hidup dengan melakukan hal yang baik untuk kehidupan dunia dan akhirat. Hijrah ini juga berhubungan dengan perubahan sifat seseorang , mungkin seseorang sebelum hijrah memiliki sifat dengki , iri , sombong tapi setelah hijrah dia akan cenderung menjadi penyayang , rendah hati dan tidak sombong.

   Hijrah perkataan adalah suatu bentuk perubahan seseorang dalam bentuk lisan (perkataan) dari yang tidak baik menjadi baik. Contohnya , mungkin sebelumnya kita pernah berbicara tidak baik atau kita sering menyakiti hati seseorang dengan mengeluarkan dengan perkataan sebutan nama binatang dan lain sebagainya. maka setelah kita benar-benar hijrah kita bisa lebih menjaga dan meninggalkan perkataan yang tidak baik dan mulai membiasakan untuk berkata yang baik.

    Hijrah perbuatan adalah suatu bentuk perubahan seseorang dari segi sikap  ataupun prilaku.Perlu kita ketahui hijrah ini adalah hijrah yang sulit untuk dilakukan bagi seseorang untuk berhijrah , sebab banyak orang mengaku sudah hijrah tapi dia masih melakukan perbuatan buruk. Contohnya, mungkin dulu pernah mencuri , berbohong , berzina dan masih banyak lagi perbuatan yang tidak baik. Tapi setelah kita benar-benar hijrah kita akan terbiasa untuk melakukan perbuatan yang baik dan meninggalkan perbuatan yang buruk.

   Hijrah juga dapat diartikan sebagai berjuang di jalan allah. Namun, Hijrah yang sekarang bukanlah berperang melawan kafir Quraish seperti zaman nabi muhammad melainkan berperang melawan hawa nafsu. Dan hawa nafsu inilah yang akan menjadi salah satu tantangan besar bagi umat muslim untuk bisa mengendalikannya. kadang kala seorang kyai sekalipun bisa terjerumus ke dosa yang besar akibat hawa nafsu. Patutlah kita untuk selalu waspada membentengi diri dengan iman dan selalu mengingat allah supaya kita terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

   Jadi dapat kita ambil kesimpulannya , jika kita memang benar-benar ingin  hijrah dan berubah ke yang baik maka yang harus kita lakukan adalah  menaanamkan di dalam diri kita untuk selalu berusaha menjadi orang yang baik yang memikirkan kehidupannya kelak diakhirat. Serta cobalah bergaul dengan orang yang baik , kemudian mengikuti kegiatan agama ataupun pengajian supaya lebih dekat dengan allah agar kita senantiasa takut untuk melakukan perbuatan yang tidak baik.

   Buat temen-temen yang sedang hijrah tetep optimis dan jangan pernah menyerah. Karna setiap kita ingin berbuat kebaikan pasti selalu ada aja ujian yang datang menghampiri kita.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat  bermanfaat untuk temen-temen semua.
SALAM HIJRAH WOONGDESSA :)
Previous
Next Post »